PENGALAMAN PEMBERKASAN DAN DIKLAT CPNS ATR/BPN




Haloo.. akhirnya kesampaian juga bisa memnuhi janji buat nulis lagi d blog ini. (yang ngrasa kemarin nagih2 aku, angkat jempolnya jgn senyum2 aja…  hahahha)

Bad newsnya, krena udah cukup lama baru sempat nulis, jadi beberapa part mungkin akan terlupakan dalam cerita kali ini.. hehehe jadi yang akan aku ceritain mungkin beberapa pertnayaan yg sering banget teman2 tanyain lewat dm ig dan email aku.  DAN INI PENGALAMAN AKU DI TAHUN 2017-2018 BELUM TENTU SAMA DENGAN TAHUN-TAHUN BERIKUTNYA dan postingan ini mengandung banyak foto kenarsisan hahahahah.. selamat membaca readers... 

Oke yang pertama adlah tentang pemberkasan, setelah pengumuman keluar, kita dipanggil buat melakukan pemberkasan di Jakarta Selatan di kantor kementrian atr/bpn di jln sisimangaraja atau di papua. Aku milih ke Jakarta buat pemberkasan. Pertanyaan paling sering muncul  

1. apa2 aja yg dibawa kak? (ikutin aja sesuai petunjuknya) 
2. Pesawatnya dibayarin? (nope, pakai dana sendiri).
3. pake baju apa (bebas bisa, hiatm putih bisa yang penting rapi) 

Jadi sehari sebelum pmberkasan berangkatlah aku bareng Marsel dan Cua ke jekardah.. *ohyah, aku mau ngucapin makasih bnyak buat keluarga cua yang baik banget udah mau jemput di bandara, ‘nampung’ aku sama marsel drumahnya, dan nganterin ke lokasi pemberkasan.
penerima bantua keluarga cua hahahha *marsel penempatannya di palu sulteng

My tips: penting banget sebelum berangkat pmberkasan,  cari teman biar pas pmberkasan ada temennya hahahha..

Pemberkasannya waktu itu sanagt pdat merayap hahha,jadi aku pulang agak sorean waktu itu setelah ngatrinya lama banget, jadi sebaiknya kamu datangnya pagi2 biar dapet giliran paling depan, dan good newsnya buat calon2 mama yg lagi hamil mreka bisa dapat prioritas buat maju duluan pmberkasan.

Tips and trik : kamu bisa skalian beli kain buat seragam kantor kamu di koperasi..hehhe

Nah kalau udah pmberkasan, buat kamu yang datang dari kota yang jauh (kayak aku) bisalah jalan2 dulu hehe. Aku kemarin sempat jalan sama teman aku tasya yg sudah menjadi warga jekardah sejati. I miss u so much tas.. (jadi ingat momen dia nungguin aku pemberkasan lama banget.. mianneee----)



Selanjutnya, setelah pemberkasan di tanggal 5 desember 2017, tanggal 1 februari 2018 aku udah mulai melapor di knawil sulsel. Hari pertama kita kayak perkenalan gitu dengan kakanwilnya dan mulai kenal2an dengan teman2 baru. ( aku ingat waktu itu ada aryo teman angkatan aku di kampus, cua, kak there, kak novi ‘teman dan sista sepenempatan aku di pinrang’, kak yudi senior di pmk kampus dan kak upi’). Hari pertama itu kita udah tahu penempatan masing2.  Aku lupa thaunya darimana hahahahha maafkan ingatanku.

TU

sulsel all crew 

si cua yang sejak pemberkasan jadi ma lovelly little sister


Tips and trik buatkamu yang pendatang, skalian kenalan dengan rekan yang berasal dari daerah penemptan kamu, bisa sharing soal angkutan, kosan, tmpat beli2 perlengkapan dll

Sembari menuggu fisik SK datang kami masih ditempatkan di kanwil dulu selama beberapa minggu.( ini di sulsel yah, soalnya ada bberpa provinsi langsung menempatkan di penempatan masing2)   2 minggu pertama aku ditaruhnya di bagian loket TU dan minguu selanjutnya di bidang tiga. Kemudian akhir bulan februari, keluarlah pembagian jadwal diklat yang dibagi menjadi 4 gelombag. Dan namaku ada di gelombang pertama. Jadilah aku berangkat ke jekardah lagi. Tpai kali ini tujuannya ke udik cikeas bogor.
barang bawaan ke diklat 

sama cua lagiiiiiiiii


Fyi, diklatnya itu terhitung 120 hari,( 40 hari on class dan 80 hari offclass) kalau aku gak salah ingat yah  hahahha harap maklum… tiket pesawat udah digantiin sama bpn.. ambillah pesawat yang nyaman..hha
2 gedung belakang kamar, yang banyak kacanya ruang belajar dan kantor pusdiklat , yang paling depan gedung pusdatin

Barang2 yang menurut aku mesti kamu siapkan (kemeja putih berlidah dan celana panjang hitam/rok hitam 3 pasang, training dan baju olahraga yang berkerah/kaos, sepatu olahraga, kemeja 2 biji, sepatu hitam, dasi hitam, perlatan mandi, perlatan ibadah, laptop,tumbler ‘ tergantung sih’, obat2an ‘walaupun ada kliniknya tpi baiknya kamu ad persiapn sendiri’, hanaduk, sabun cuci ‘kalau gak mau repot bisa kok beli dsna aja’)

Barang yan gak perlu kamu bawa (selimut ‘aku kmrin bwa selimut soalnya hhahahah ternyata ada disediakn selimut tebal’, gunting ‘gak boleh bwa benda tajam, gunting kuku boleh’, barnag2 yg mnyedot listrik banyak “setrika, catokan, hair dryer”)

Yang nanya boleh bawa rokok, iya boleh tapi kamu nnti merokoknya hanya di smoking area ‘kami dulu nyebutnya starbucks pusdiklat yang asbak rokoknya yang super gede’


Hari pertama itu kita checkin dlu, dan dikash perlengkapan. (ransel, buku panduan, buku mata pelajaran, buku ctatan, alat tulis dan flsahdisk serta id card dan embel2 latsar pusdiklat. Nnti nyusul kaos bpn 2) kemudian masuk kamar. Kebetulan aku dapat kamr 103 dan sekamar dengan mba nissa dan anggun. ‘ sekarang udah 2 orang tiap kamar dlu masih 3 orang’. Kamarnya nyaman banget guys springbed plus meja belajar beljar masing2, lemari, dan kamar mandi yang nyedian air hanget..AC..wee enak kan.. laundry hahaha pokoknya betahlah.. tapi inget jaga kebersihan, karena ada sidak kebersihan dan supaya sehat..hehhe

bareng mba nissa & anggun

"heyy inyong kencot..." hasil didikan anggun


bareng angel ,warga kamar seblah yang sering banget main ke kamar 103 , kata teman2 dia kembaran aku hahahha
Dan mulailah proses diklat, tiap hari mesti bangun subuh2 buat olahraga, ada test kemampuan fisiknya di hari pertama buat ngelihat kemampuasn fisik,  terus dilihat  hasil pekmebangannya selama diklat dan ditest lagi di hari terakhir kesehatannya. Hbis olahraga ada srapan dan mandi dan apel ‘ingat jangan sejali2 telat apel’ terus mulai masuk kelas jam 8 smpe jam 5/6 sore, terus apel lagi tru makan ,trus masuk kelas beljar malam lagi smpeai jam 9, terus apel lagi.  Dan begitu seterusnya.. hehehe terussssssss….
bukan penjual aqua

ini lagi kerja kelompok, in frame yang punya bali & bone

ini lagi diruangmakan

ini juga di ruang makan waktu masih boleh pake baju kaos hahhaah


Minggu pertama diklat kita belajar banyak hal seperti materi bela negara, manner ‘pematerinya cakep lupa aku namanya hahahha orang sulsel jga..’ ,  baris berbaris dengan tim paskhas, terus ada sharing class tentang manajemen dari bank bca, anti korupsi dari KPK, kemudian sharing dari kakan2 yang memiliki inovasi, dan yang sangat seru adalah presidential lecturer oleh bapak Jokowi.
materi bela negara. siapa kita? INDONESIA

muka ngantuk bangunn jam 3 subuh buat ketemu bapak Jokowi


Kuliah Umum Bapak Jokowi, Ibu Sri Mulyani, CEO Gojek dan Ketua UKP-PIP


Next kita ke materi ANEKA di minggu2 selanjutnya. Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi menjadi materi yang akan kamu bahas setiap hari. Mungkin kamu bakal agak sdikit bosan ,untungnya pengajar/widyaswaranya asyik2, dan teman kelasnya seru-seru smua.. I love u angkatan 1 aummm~~~~~ dan fasilitatornya juga baik2 sehingga rasa bosan itu pudar “ceilehhh….”
Fasilitator Angkatan 1 Gel.1 ( Pak Opik dan Kak Kiki)

angkatan 1 beserta salahsatu widyaiswara..aummm----

Minggu2 akhir, kita akan dihadapkan sama yang namanya ujian. Ujian ini kayak ujian final kuliah gitu, jadi mateinya adalah materi selama diklat. Kemudian ada juga pemaparan rencanaa aktualisasi  yang ini mirip2 tugas akhir waktu kuliah dulu. Jadi selama offclas nanti kamu membuat suatu kegiatan yang actual dapat membuat kantor kamu lebih baik nantinya. Dalam kegiatan ini kita akan didampingi sama coach ‘ dari bpn atau instansi lain’ dan mentor dari kantor masing-masing.
coaching time

anak-anaknya coach sarjono



Setelah itu semua selesai,pulanglah saya ke penempatan saya di pinrang.
 Selama dipinrang ada dua kegiatan yang aku lakukan. Yang pertama itu habituasi, ini miirip2 kayak OJT gitu  kita dipeerkenalkan kerjaan sesuai tusi kita dan mulai praktek ngerjain kerjaan di kantor dan yang kedua adalah aktualisasi, yaitu pengerjaan aktualisasi yang sudah kamu paparkan sebelumnya. Tips dan triknya selalu komunikasi dnegan coah dan mentor
first day in Pinrang with kk Novi

konsul dengan mentor andalan aku pak latif

belajar megang alat ukur.. megang doang hahahha

Nah kemudian setelah kurang lebih 3 bulan kamu balik lagi ke bogor buat seminar hasil aktualisasi kamu dan mengikuti acara penutupan. Sampai disitu cerita diklatnya.
suasana seminar pemaparan hasil aktualisasi

Oh iya buat kamu yang Kristen, beberapa gereja terdekat itu ada GKI, GBI ciputra, HKBP dan Gereja Katolik. Bisa bareng teman kalo ke gerjanya, nnti juga tiap hari ada saat teduh bersama yang dipijmpin bergiliran sesame peserta diklat.
GKI

GBI Ciputra
Ibadah terakhir,, beebrapa yang lain udah pulang duluan

penutupan oleh pak kapusdiklat


my fav spot... 

bagus ya jaketnya angkatan satu.. jaket kenang-kenangan yang dibawa pulang nih

ngebakso sukawati

panas terik, yang penting foto-----

Girls time

Kebanyakan Jajan Popmie tengah malam hahahah

Tips lagi, kalau mau bawa jajjan mending beli disana aja bisa beli di kantin ikawati atau kalau hari sabtu ngemall di ciputra bisa. Atau beli di pasar kaget diluar pusdiklat tiap minggu hahahha… atau kalau ada barang kelupaan boleh mint tolong dikirimkan paket ke pusdiklat.

Next, suasana kerja… kerja di bpn itu capek guys..capek… sekali lagi capek.. kalau ada yang bilang ah pns itu kerjanya santai, ‘ihh pengen bilang blum pernah kena tabok pake buku tanah ? ahhahha becanda’

Kok capek?? Pertama,  sekrang kita lagi disibukkan sama yang namnya PTSL yang nuntut kita kerja bagai qudha hahaha kata pak jokowi biar kapok..ahhaahhaha.. tapi demi melayani masyarakat, demi tercapainya sertipikasi seluaruh tanag Indonesia.. semanagt!!!!, mungkin hampir semua orang bpn rajin banget lembur gegara ini


Kedua, karena kita instansinya vertical, kamu harus siap ditempatkan dimana aja yan mungkin bakal jauh dari rumah, jadinya mesti sabar2 nabung kalau yang mesti naik beberapa jenis kendaraan biar bisa mudik, sabtu minggu pulang balik Makassar pinrang aja udah capek aku hahahha
Terus suasana kerja mungkin aka nada teman-teman yang  nntinya awalnya stausnya sebagai analis, tapi akan berubah menjadi petuas loket atau nemdahara, atau tugas lainnya tergatung kebuthan kantor masing-masing.

Tapi sofar masih bisa dilaluin kok, hehhe
Hari pertama make topi d kantor bareng kak novi

maap kak nopi, aku ngerusak lagunya..* mingu pertama di kantor ada acara perpisahan pegawai


Next sallary
Googlig aja ya hahahha intinya ada gaji pokok, tunjangan kinerja, dan uang makan. Selama cpns masih dapat 80 % kalau udah pns  100%

oke sampai disini dulu ceritanya, yang mau nanya2 langsung aja di kolom komentar dibawah yah biar bisa sekali jwab pertanyaanya hehheh.. (mohon maap tidak menerima pertanyaan lewat DM IG dan emaail lagi, kewalahan jawab pertanyaanya satu2 hahaha)

kamu juga bisa lihat di youtube postingan selama diklat kemarin... seeyaaa.. semoga bisa membantu.. #atrbpnkinilebihbaik









Comments

  1. Menarik sekali cerita pengalaman selama diklat. terimakasih ya mbak

    ReplyDelete
  2. Tanya dong mbaknya, nanti pemakaian seragam mulai kapan yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya setelah selesai diklat on class tahap 2.. tapi kemabli lagi gimana kebijakan kantor masing2

      Delete
  3. pemeriksaan kesehatan yang dilakukan apa aja kak? apa hanya fisik atau kesehatan secara keseluruhan?
    terus kalau kesehatannya kurang baik, apakah status CPNSnya bisa dicabut?
    agak takut karena saya perokok kak. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku kemarin pemeriksaasn standar aja sih mas, Kalau perokok msih aman kayaknya soalnya bnyk teman yang perokok jg.

      Delete
    2. yang standar itu yg kayak gimana kak?
      maaf ya kak saya nanya mulu hehehe...
      makasih sebelumnya...

      Delete
    3. dulu cuma kayak test fisik biasa, cek berat badan sama tensi dll buat pemberkasan awal

      tapi waktu udah mau persiapan 100 persen dari cpns ke pns test kesehatannya menyeluruh lengkap, dari narkoba, ekg, dll..

      (tapi gak tau yah kalau angkatan setelah aku udah berubah apa tetap sama)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Selama diklat apakah ada yang berguguran (cpns) alias ga diangkat jadi PNS kak? Berapa lama diklat sampai ke penempatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu periode aku, gak ada sih yang gugur.
      lama diklat udah aku jelasin diatas, setelah pulang diklat langsung penempatan kok. ( ini di sulsel yah).

      Delete
  6. ka maksudnya di pindah2 in gimana yah ka
    seandainya kita dari awal ngambil di kanwil sumut, apa bakal di pindahkan ke kanwil lain
    mohon penjelasannya ka 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarangsih pindah ke kanwil lain kcuali ada pernintaan pribadi. Biasanya mutasinya antar kota/kab dalam provinsinya kamu.

      Delete
  7. Ujian akhirnya itu ujian tertulis atau dalam bentuk paparan kak? Pemaparan rencana aktualisasi yg pada akhir" selesai diklat itu dari masing" cpnsnya atau baru penjelasan dari pematerinya kak? Maaf banyak nanya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujian akhirnya ttp ujian tertulis,
      Sedangkan aktualisasi dibagi dua jadi tahap pemaparan rencana aktualisasi (mirip ujian proposal skripsi) dan realisasi aktualisasi ( mirip ujian hasil)..
      Pemaparan rencana aktualisasi dilakukan oleh peserta diklat didampingi mentor dari kantah masing dan didahidiri coach dari pusdatin, dan penguji.
      .
      Tapi itu jamanku ya, ga tau jaman selanjutnya apa ttp sama metodenya hehe

      Delete
    2. Ralat deng coach dari pusdiklat,bukan pusdatin hehe

      Delete
    3. boleh diceritan ga kak garis besar rencana aktualisasi yang kakak buat? terima kasih

      Delete
  8. Ka buat yg diklat itu tempatnya dikumpulin jadi 1 tmpt apa ada yg di tmpt lain yah .. kaka kan di jkt diklatnya itu dri mana aja yh pesertanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikumpulin satu tempat di pusdiklat atr/bpn cikeas..
      Pesertanya dari sluruh indonesia, dlu aku gelombang atu dpatnya dari penempatan sumut,aceh,riau,sumbar,kalbar,kaltim,sulut,sultra,sulsel,bali

      Tapi itu jamanku ya, ga tau jaman selanjutnya..hehe

      Delete
  9. Hai kak, untuk ujian akhir sm pemaparan kalau semisal hasilnya kurang maksimal atau kurang bagus itu gimna kak, ada pengaruhnya kah untuk kita? Saya udah takut duluan

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak mau nanya soal pemberkasan, apakah ijazah asli SD, SMP, SMA wajib di lampirkan pemberkasan?🙏🏻

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts