PENGALAMAN TEST FISIK REKRUTMEN PLN NON TEKNIK 2017

Hai para jobseeker…

Berawal dari pengalaman aku sendiri yang susah nyari blog yang ceritain pengalaman test fisik non teknik PLN (blog sebelah rata2 jurusan teknik smua hhehe), Kali ini aku ingin sharing sedikit pengalaman ikut  test fisik  PLN buat jurusan non teknik, biar teman2 yang kayak aku bisa dapat gambaran dikit. Kebetulan aku baru aja selesai test fisik buat non teknik. (tapi ternyata mirip2 kok testnya dengan yang teknik hihihi)

Okay setelah melewati test GAT, lalu lanjut test akding, dan psikotest. Seminggu kemudian aku dapat panggilan test fisik dari PLN. Tips pertama buat teman-teman yang sedang nunggu pengumuman biar dapat info yang benar-benar update, cek di twitter @rekrutmenpln https://twitter.com/rekrutmenpln?lang=id atau join telegram para PLN jobseeker @rekrutmenPLN  @rekrutmenPLN2 .  Menurut pengalaman aku sendiri kedua medsos ini benar-benar membantu kok.

sebelum hari H, PLN juga udah melampirkan form anamnesa (kayak formulir riwayat kesehatan gitu) yang wajib kita isi dan akan disetor saat test berlangsung. Formulirnya nanya riwaayat penyakit kita (penyakit2 saluran pernapasan, saraf, otak ,alergi dll), apakah kita prokok, peminum, pernah dioperasi atau opname. Form itu ditempeli foto, materai, dan ditandatangi.  Tips kedua bawa materai lebih soalnya waktu saya ternyata ada form dari prodia yang juga hrus ditempeli materai lagi.

Nah karena aku memilih lokasi test Makassar, jadi dapat tempat pemeriksaan fisiknya di Prodia Panakukang Makassar. Lokasinya di Jalan Boulevard dekat Mall Panakukang (MP). Tanggal test untuk non teknik tanggal 30 dan 31 januari. Hari pertama ada tiga batch (07.00, 09.00, 11.00 WITA) dan hari kedua dua batch. Untuk hari pertama dari jurusan manajemen dan hukum, hari kedua jurusan akuntansi dengan keuangan. Tips ketiga dari aku, sebisa mungkin teman-teman harus ontime, karena prodianya ontime banget dan dipengumuman emang sdh dibilang dtg setengah jam sebelumnya, dan mmng benar setengah jam sebelum dimulai dilakukan pengarahan jg adminstrasi oleh pihak prodia. Aku seharusnya ikut batch 2 hukum, tapi karena macet dan hujan deras parah aku akhirnya telat, untung masih dikasih kesempatan ibu dari PLN dan prodia untuk ikut batch 3. Aku termasuk beruntung hari itu, ada peserta lain yang jadwal testnya batch 3 telat liat info dan dtg agak siangan udah gak bisa ikut karena dokter THTnya udah pulang. Jadi teman-teman ontime ya, jangan kayak aku hehehe..


Okay setelah pengarahan selesai diberikan kita akan dibagi kelima ruangan. Kita ikutin jalur ruangan aku aja ya hehe.. sama kok dengan yang lain urutannya aja beda.

Ruangan pertama yang aku masuki itu pemeriksaan THT. Tahap yang ini gak sampe lima menit. Dokternya Cuma ngintip kedua telinga kita, ngintip lubang hidung, terus disuruh buka mulut buat diliaat tenggorokannya. Cepat banget kok.

Ruangan kedua itu pemeriksaan gigi. Nah ini dia ruangan yang aku takutin banget, soalnya gigiku banyak yang bermaslah dan katanya teman-teman banyak yang gak lolos PLN gegara gigi. Tips keempat dari aku, kalo udah selsai test psikologi langsung rawat gigi di dokter gigi. Kalaupun gak lolos psiko kan gak rugi juga gigi jadi lebih sehat hehe. Sekarang kartu BPJS jg bsa dipake kok buat rawat gigi jd lumayan hemat kantong buat pengangguran hehehe. Di test ini dokternya ngecek berapa gigi yang berlubang, apa gigi ada karangnya, berapa gigi yang hilang, berapa gigi yang tinggal akarnya doang. Untuk standar jumlahnya sih aku gak tau hehe. Rahasia dari prodianya. Oh iya dokter yg aku dapaet baik kok, dia ngasih tahu aku masalah2 di gigi aku dan ngasihin saran2 perawatnnnya.


ketiga, test fisik. Nah test ini yang juga jadi momok bebrapa orang hehe. Pertama kita diukur tinggi dan berat badan, terus diukur lingkar pinggang, dan suhu tubuh. Setelah itu ditanyain apa ada bekas operasi atau bekas jahitan nggak dibadan. Terus ditensi dan distetoskop dada. Kemudian untuk cewek diperiksa payudara (apa ada benjolan atau tidak) kalo cowok pemeriksaan alat kelamin (ngecek usus turun). Dan terakhir diruangan itu adalah test ambeyen.. omaigatt test ini benar2 bikin muka aku malu banget, soalnya ini test kesehatan pertama aku hihihi. Teman-teman akan disuruh balik membelakangi dokter dan seeeettttt.. tangan dokter berasa kayak ngelakuin jurus sennen goroshi naruto hahahaha masuk ke dubur. Cepat kok 2/3 detik aja. Dan buat teman-teman yang nanya kalo haid apa diperiksa juga? Jawaban iya. Tips kelima dari aku, sebaiknya teman-teman jangan tegang dan istirahat yang cukup biar tensi aman.

Selanjutnya ruangan keempat, pemeriksaan mata. Ada tiga tahapan, yang pertama membca huruf jarak jauh (kata orang2 maksimal minus 4), test buta warna( yang liat angka warna warni itu), dan test tearkhir gak tau apa namanya (pokonya dokternya nyuruh aku ngeliat ngikutin arah pulpen yang dia pegang ke kiri kanan atas bawah maju mundur) terus matanya dipegang di kelopak dan sekitar tulang pipi dekat mata.


Dan test terakhir test saraf. Test ini aku ditanya beberpa pertanya sederhaan kayak “ ini dimana?” “kita lagi ngapain sekarang?” “100-7 berapa? 93-7 brapa? 86-9 brapa? dst” .. terus di ketuk2 lutut sama sikunya. Kayak mo ngetes gerak refelk kali ya.. soalnya pas diketuk kaki aku langsung reflek nendang hehe.. terus disuruh jalan sambil jinjit, jalan pake tumit juga..  
And finally selesai jga test fisik hari itu. Sampe aku nulis blog ini, aku masih nunggu pengumuman hasilnya. Hehehe ngarep lolos ke test lab. Hehe

Dan buat teman-teman yang akan ngikutin test fisik juga , sukses pokoknya somga tulisan ini bisa membantu hehehehe… GBU



cek next testnya disini YEY Lanjut ke lab

Comments

Popular Posts