Belajar Saat Teduh

Syalom..

kali ini saya ingin membagikan materi pelayanan saya di PMK Kampus saya beberapa hari lalu. temanya tentang saat teduh. ada tiga tujuan yang ingin pengurus saya sampaikan saat itu :
  1. apa itu saat teduh ?
  2. apa alasan dan manfaat/pentingnya saat teduh ?
  3. bagaimana bersaat teduh?

ketika berbicara mengenai waktu teduh, tokoh alkitab yang paling sering kita dengarkan teladannya adalah Yesus sendiri. maka mengawali pembahasan saat teduh pertama-tama mari kita baca Markus 1 : 21-39. Beberapa pertanyaan ini akan membantu kita dalam menelaah bacaan 
  1. Apa saja yang dilakukan Yesus sepanjang hari (pagi,siang,malam)? Kemudian berapa lama dia berhenti bekerja / istirahat pada hari itu ?
  2. setelah melihat kesibukan Yesus sebelumnya, kira-kira pukul berapa Ia bangun keesokan harinya dan apa yang Ia lakukan ? (tanyakan juga dimana dan kenapa dia memilih tempat itu ?)
setelah menelaah pertanyaan2 itu, selanjutnya bukakanlah mengenai apa itu waktu teduh ?
Waktu/Saat Teduh adalah waktu yang Khusus dan Fokus yang benar-benar kita sediakan bagi Tuhan untuk berkomunikasi dengan Allah. Garis Bawahi Kata Khusus dan Fokus. Khusus berarti bukan waktu sisa atau waktu yang diselipkan (misalnya karena saya kebetulan bangun cepat, karena saya tidak ada kerjaan). Fokus berarti tidak sedang memikirkan hal lain (misalnya tugas kuliah yang belum selesai dsb)

Kemudian selanjutnya Alasan dan manfaat saat teduh :
  1. Teladan Yesus sendiri ( Markus 1: 21-39 )
  2. merupakan kerinduan Tuhan akan persekutuan Umat (Hosea 6:6) 
  3. melalui saat teduh rutin, kita mendapata kekuatan dari Tuhan ( Yesaya 40 : 30-31, Ratapan 3 : 22-23 )
  4. Kita dapat bertumbuh dalam iman & dapat mendengar dan memahami kehendakNya (Mazmur 90 : 14). 
ibaratkan dengan sebuah tanaman yang perlu untuk di beri air, pupuk, dan dijaga dari hama agar dapat bertumbuh. maka manusia pun perlu waktu teduh untuk dapat bertumbuh dan berbuah . ( Gal 5 : 22)

Cara bersaat teduh 
  1. Mulailah dengan berdoa untuk kesiapan hati 
  2. Kemudian naikkan penyembahan (dapat melalui pujian ataupun doa)
  3. Baca dan renungkan firman Tuhan (Maz 1 :2)
  4. Ambil Keputusan dari hasil perenungan itu (Maz 119 : 112)
  5. Tutup Kembali dalam doa agar diberi kekuatan. 
kemudian juga tekankan bahwa bersaat teduh bukanlah sekedar suatu formalitas/kewajiban orang Kristen , tujuan dari saat teduh itu sendiri agar terjadi komunikasi yang akrab antara kita dan Tuhan.

kemudian ajak untuk memulai bersaat teduh dengan 10 menit yang benar-beanr disiapkan khusus. bagi beberapa anak muda, sering bertanya haruskah saat teduh itu pagi? bagi mereka yang memang sering sakit saat bangun pagi, atau justru banyak melakukan pekerjaan malam memang bisa saja (saya baca dari beberappa tulisan) . akan tetapi kalau alasannya cuma karena susah bangun pagi, tidak ada waktu karena sudah buru-buru kuliah dsb? maka seharusnya kemalasan itu dihilangkan. Yesus memberikan dirinya mati untuk kita, masak hanya 10 menit saja buat dia tidak bisa kita berikan ? :) . saat teduh pagi biasanya saangat membantu karena kita baru akan memulai hari, hasil saat teduh akan menjadi pedoman kita dalam melangkah sepanjang hari. 

tips2 agar saat teduh tidak jenuh :
  1. biasakan memulai saat teduh bukan karena formalitas, melainkan karena ada kerinduan
  2. bisa sambil memutar lagu rohani . anak muda sekrang punya banyak aplikasi musik seperti joox dll
  3. kalau perlu, saaat teduh bisa ditemani secangkir teh/kopi
  4. bisa juga menggunakan buku penuntun, seperti manna sorgawi, santapan rohani, renungan pagi, suara nafiri, rajawali dsb. atau aplikasi handphone seperti warungsatekamu
  5. atau bisa juga dengan membaca buku-buku rohani sebelum memulai saat teduh
  6. dan jika ada dosa yang membuat susah untuk bersaat teduh, katakan pada Tuhan dan minta Tuhan lepaskan dari cengkraman dosa itu.
semoga tulisan ini bisa membantu kita belajar saat teduh, atau mengajak orang lain bersaat teduh. Tuhan memberkati.


Comments

Popular Posts