Pengalaman test CPNS 2017 (ATR/BPN)

Haii.. Long Time No See

Karena melihat antusiasme beberapa orang sebelumnya yang cukup tinggi dari komen dan email yang masuk tentang pengalaman aku cpns tahun 2017 periode 1 di Mahkamah Agung (padahal cuman 7 orang doang hahahahaha).. maka tercetuslah ide untuk memposting pengalaman aku ikut cpns di tahun yang sama pada periode 2. 

Yupss setelah sdikit galau karena gagal jadi hakim, mulailah saya beralih mencoba peruntungan mendaftar di periode 2 di kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional a.ka. ATR/BPN. Puji Tuhan kali ini saya bisa lolos, dan pengalamn testnya yang bakal aku share disini..

untuk proses pendaftaran sampai test TKD, mungkin gak akan aku bahas lagi karena mirip kok sama pengalaman di MA kemarin..

bisa lihat/klik disini ya kalau mau lihat..  http://akalasuso.blogspot.com/2017/09/pengalaman-gagal-cpns-ma-2017.html

hanya perbedaannya dengan MA, kalau di ATR/BPN lokasi penempatan(provinsi) bisa dipilih (kabupatennya tidak ya) dan menandatangani pernyataan siap untuk ditempatkan di satuan kerja selama 10 tahun. and Fyi, penerimaan 2017 kemarin tidak ada penempatan jawa semuanya luar jawa. Berikut jumlah formasi yang ditawarkan ATR/BPN


oh iya aku kemarin ngambil jabatan Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah. Aku saranin saat test TKD kita mesti udah sarapan dulu soalnya keadaannya hectic banget.. (peserta testnyya ribuan) sampe ada yang nunggu sampai tengah malam buat jadwal testnya, puji Tuhan kali itu nilai test aku meningkat dari periode pertama yaitu 352.

nah setelah lolos administrasi dan lolos ujian SKD, lanjut lah aku ke test SKB.. kurang lebih seminggu aku persiapan buat test itu ( baru kali ini aku rasa belajar mati-matian dari buku  hukum agraria setebel 500 hlm habis dibaca dalam seminggu, belum lagi peraturan2 yang terkait, pdahal waktu kuliah dulu dua halaman aja udah ngantuk aku hahahahhaha ) . Dan faktor aku bukan anak perdata juga sedikit membuat aku mesti belajr dari nol lagi hahahha.

nah sebelumnya kita kayak dikasi kisi-kisi gitu dipemanggilan testnya, tapi ternyata itu diluar ekspektasi aku.. hahhahaha... Jadi, waktu test itu aku kirain yang bakal keluar seputar hukum agraria doang, ternyata hukum secara menyeluruh. jadi ada hukum internasional, pidana, acara, dll.

Dan kelemahn aku yang susah ngingat angka jadi maslah waktu test itu, jadi aku kebiasaan membaca peratauran tapi susah ngehapalin nomornya sering ketukar, hehehhee. Sedangkan waktu test banyak bnget soal yang nanyain nomor-nomor peraturan ,,, maka pasrahlah aku.. hahahha..

Buat tambahan kamu bisa pelajarin juga  program-program BPN yang terbaru, lumayan ada beberapa soal yang negbahas program itu . Fyi, program yang lagi hot-hotnya di BPN itu namanya PTSL (kamu bisa googling ya seputar peraturan yang terkait).

Alhasil selesai test, nilainya pun langsung keluar ,  gubrakk... langsung downlah aku lihat hasilnya di komputer.. 260... jauh banget dari nilai SKD aku yang 352... sedangkan nilai akhir adalh akumulatif dari nilai SKD 40 % dan SKB 60%.

Tapi ternayta puji Tuhan, aku bisa lolos ketika nilai akhir diumumkan..

Dari 32 formasi umum yang diterima di Sulawesi Selatan nama aku ada muncul di urutan ke 29..

"Rencana Tuhan indah pada waktuNya" , suatu kalimat yang terbukti dalam proses pergumulan mencari pekerjaanku. Setahun lebih aku nganggur, ngirimin lamaran smpe 86 kali (aku ngelist loh,, hahahha), berkali-kali gagal kalau nggak di test akhir, user, kesehtan, administrasi,, semuanya membuat aku terkadang bertanya kapan aku bisa kerja. Tapi aku selalu yakin Tuhan sedang mempersiapkan yang terbaik di waktu yang tepat buat aku. dan moment ini, akhirnya dipake Tuhan buat aku, test murni 100% aku bisa gabung jadi CPNS 2017 di kementerian ATR/BPN, sungguh berkat Tuhan yang luar biasa buat aku.


sekian dulu cerita aku,
untuk cerita pemberkasan ulang sampe proses diklat, suasana kerja dan salary bakal aku lanjutin di tulisan aku selanjutnya ya.. trims

yang mau nanya-nanya bisa lewat email aku amitakalasuso@gmail.com atau DM ke IG @amita.kalasuso


semoga bisa membantu ...





Comments

  1. Luar biasa kak pengalamannya. Aku sekarang lagi berjuang juga dalam tes di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Puji Tuhan ketika SKD kemaren, saya lolos passing grade, tinggal persiapan buat SKB. Kira2 ada referensi gak kak buat materi pembelajarannya? Literatur2, atau alamat2 web yg ada latihan soalnya? Butuh banget. Aku juga ngelamar jabatan Analisis Pendaftaran Hak Tanah dan Permohonan Tanah kak. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya bro hampir pengangkatan
      pns heheh

      Delete
  2. selamat udah lolos PG..
    kemarin aku beljarnya pake bukunya urip santoso yang judulnya hukum agraria kajian komprehensif, terus peraturan yang kupelajarin : UUPA, PP 24 thn 97, Permen agria 3 thun 97,

    terus dapat info dari bberapa orang, belajar dari bukunya pak waskito dan hadi arnowo (widyaiswara di pudiklat) judulnya pertanahan, agraria, dan tata ruang. tapi klo menurut aku bukunya teknis bnget sih, bisa kalo mau baca ringkasannya di perkbpn 1 thuan 2010 tentang standar pelayanan pertanahan.

    nah tahun ini gak tau bakal gimana model skbnya , krena tahun lalu untuk posisi aphtpt hanya jurusan hukum yg dtrima, sedangkan tahun ini banyak jurusan lain yang ditrima, jadi gak taujuga apa soalnya gabung studi lain atau hukum aja.

    semoga bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk webnya, web bpn lengkap banget tuh peraturannya, bisa diliat disana.. hehe

      Delete
  3. klo misal jurusan manajemen apa sama aja ya kak soal nya? bnyak tentang pasal2 kg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tau jg, soalnya thun lalu gak ada manajemn.. tapi tetep sih mnurut aku akan masuk materi2 berhubungan hukum agraria.

      Delete
  4. Halo kakak, tulisan mengenai pemberkasan ulang sampe proses diklat, suasana kerja dan salary nya udah up belom ya? dicari2 gak nemuu hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dicari-dicari lagi..heheh udah up hehehe

      Delete
  5. Halo kak... Cerita pemberkasan sm prajabnya up dong kak hehe

    ReplyDelete
  6. Semoga tahun ini bisa lolos test ka😇

    ReplyDelete
  7. terharu banget bacanya :') aku juga lagi ngelamar cpns BPN dan udah lulus passing grade, tinggal tunggu perangkingan untuk lanjut SKB. nasibnya hampir sama sih, udah lebih setahun menganggur, lamar sana sini belum ada yang keterima. semoga nasib yg lolos CPNS juga sama yah :)))) Aamiin
    Terima kasih untuk sharingnya

    ReplyDelete
  8. Kak aku juga ikut tes cpns 2019 di Kementrian ATR/BPN. Aku ngambil formasi PENGELOLA PERTANAHAN, dan SKD udh lolos. Ini prepare buat SKB. Aku udh pinjam buku pertanahan, agraria dan tata ruangnya pak warsito. Kira2 buku apalagi yaa ka selain itu. Mohon dijawab yaa ka hehe makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. Pelajarin mata kuliah kamu dlu hehe

      Delete
    2. Mata Kuliah aku Teknik Informatika ka hehe, ada soal seputar prodi kuliah juga kah ka?

      Delete
  9. Hello kak, mau nanya ni...
    Berdasarkan pengalaman pada SKB tempo hari dengan jabatan serta basic pendidikan kk, nemu ngak soal2 yg malah berkaitan dengan bidang pertanahan secara teknis, misalnya Ilmu Ukur dsb? Makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku dulu tahun 2017, Yg terlalu teknis bnget ga ada kok.

      Delete
  10. Alhamdullilah saya Lolos skd tinggal persiapan Skb saya sudah baca kisi2 dari web atr .Yang saya mau tanyakan ada kisi2 tentang dasar dasar pertanahan itu maksudnya hukum pertanahannya atau jenis jenis tanah kaya ada zona hijau dan lain2.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts